aturan buka puasa di kereta

Aturan Berbuka Puasa di Kereta MRT dan KRL

Tips

Tahun 2021 merupakan tahun kedua Ramadan di tengah pandemi. Aktivitas perkantoran yang mulai beroperasi kembali kini juga membuat transportasi umum kembali diminati. Buat kamu yang pulang-pergi kantor naik transportasi umum dan terpaksa harus membatalkan puasa di tengah perjalanan, terutama kereta MRT dan KRL, berikut adalah aturan berbuka puasa saat naik kereta MRT dan KRL.

Aturan Berbuka Puasa di MRT

Sejak beroperasi, MRT memang sudah tegas dalam memberlakukan peraturan. Hal ini memang bertujuan untuk membuat MRT jadi transportasi umum yang aman dan nyaman. Tak terkecuali aturan berbuka puasa. Walaupun diperbolehkan untuk makan dan minum, tapi kamu harus memperhatikan hal-hal berikut ini supaya kamu tidak dturunkan di stasiun terdekat, ya.

  • Hanya diperbolehkan saat waktu berbuka puasa tiba dengan air putih dan buah kurma
  • Maksimal 10 menit sejak azan Magrib
  • Masker dapat dibuka sementara waktu saat berbuka. Gunakan Kembali setelah makan dan minum.
  • Tidak boleh berbicara saat membuka masker
  • Tetap menerapkan protokol kesehatan yang ada untuk keamanan dan kenyamanan bersama

Yang tidak diperbolehkan: teh, kopi, sirup, soda, atau selain air putih, makanan kecil atau sejenisnya, nasi serta lauk, makanan siap saji atau sejenisnya.

Baca juga: Pengalaman dan Aturan Bawa Sepeda Naik Kereta

Kenapa hanya boleh air putih dan kurma?

Menurut Muhammad Kamaludin, Corporate Head Secretary MRT, air putih tidak membuat peron jadi kotor, sedangan minuman rasa bisa membuat peron jadi kotor. Sementara itu, buah kurma diperbolehkan karena tidak berpotensi menimbulkan remah-remah jatuh di lantai.

aturan berbuka puasa di mrt

Image Source: mrtjkt

Aturan Berbuka Puasa di KRL

Berbeda dengan MRT, di dalam KRL kita diperbolehkan untuk membatalkan puasa dengan minuman dan makanan apa pun, kecuali yang berbau menyengat. Berikut adalah hal-hal yang wajib diperhatikan ketika berbuka puasa di KRL.

  • Maksimal 1 jam sejak azan Magrib
  • Tidak boleh berbuka dengan minuman dan makanan yang berbau menyengat serta berat
  • Tetap menjaga kebersihan
  • Buang sampah di stasiun tujuan

Nah itulah aturan berbuka puasa di kereta, terutama moda transportasi umum berbasis rel seperti MRT dan KRL. Semoga bermanfaat dan selamat menunaikan ibadah puasa Ramadan. 😊

You Might Also Like

19 Comments

  • Reply
    Mechta
    April 23, 2021 at 7:29 am

    wah mesti diingat-ingat nih aturannya. jadi kalau mau naik MRT, minuman manis kesukaanku saat berbuka harus dicoret dari daftar bawaan nih.. sedangkan utk di KRL masih boleh dibawa ya.. thx infonya..

    • Reply
      yuntango
      April 23, 2021 at 1:25 pm

      Iya, benar. Di MRT lebih ketat jadi cuma boleh air putih sama kurma aja. Sedangkan KRL bisa minuman rasa-rasa asal nggak menyengat dan tetap jaga kerbersihan. Sama-sama 🙂

  • Reply
    Raja Lubis
    April 24, 2021 at 4:46 am

    Win-Win solution menurutku. Yang berpuasa tetap bisa menyegerakan berbuka puasa sesuai sunnah Rasul, dan pihak kereta juga tidak diberatkan dengan sampah yang berpotensi mengotori kereta. Salah satu hakekat dan hikmah puasa yakni kesalehan sosial dan lingkungan secara sadar nggak sadar sudah dipraktikkan melalui aturan berbuka puasa di kereta ini.

    • Reply
      yuntango
      April 24, 2021 at 5:25 am

      Betul. 🙂

  • Reply
    Rhoshandhayani
    April 24, 2021 at 6:23 am

    ooh aku baru tahu kalau di MRT gak boleh makan atau nyemil
    maklum, bukan anak jabodetabek, hehe

    tapi lumayan lah ya, ada sedikit toleransi saat buka puasa
    boleh minum air dan makan kurma
    padahal pengen bawa bobaaaa

    • Reply
      yuntango
      April 24, 2021 at 6:36 am

      Jahahaha iya aku juga mau bawa boba tadinya kalo boleh.

  • Reply
    Hidayah Sulistyowati
    April 24, 2021 at 3:20 pm

    Aturan tentang minum dan makan di MRT memang sejak awal udah ketat ya. Cuma karena bulan Ramadan jadi ada keringanan meski ada batasan nya. Ya kalo kotor karena makanan atau minuman penumpang, pihak MRT juga yang repot.

    • Reply
      yuntango
      April 25, 2021 at 3:37 am

      Iya, benar. Karena ketat, tegas, dan kosisten, jadinya MRT nyaman. Memang untuk beberapa hal kayak peraturan gini, masyarakat harus banget ditegasin dan dipaksa supaya bisa tertib. Terus juga securitynya rajin bolak-balik mantau isi kereta sama stasiun.

  • Reply
    Andina
    April 25, 2021 at 2:12 pm

    Wah kenapa ya di KRL ga boleh makan yang menyengat? Kepo. Bagus ada aturan seperti ini jadi disiplin dan meminimalisir yang tidak diinginkan

    • Reply
      yuntango
      April 25, 2021 at 5:08 pm

      Soalnya nanti aromanya bikin penumpang lain nggak nyaman, Mbak. Betul, dibuat peraturan kayak gini biar disiplin, terti dan tentunya supaya kondisi KRL tetap nyaman, ya.

  • Reply
    Momtraveler
    April 25, 2021 at 2:39 pm

    Alhamdhulilah tetap bisa berbuka meskipun air putih dan kurma aja. Toh yg penting tetap bisa mengawalkan berbuka dan jaga protokol kesehatan ya mbakm take care

  • Reply
    Momtraveler
    April 25, 2021 at 2:39 pm

    Alhamdhulilah tetap bisa berbuka meskipun air putih dan kurma aja. Toh yg penting tetap bisa mengawalkan berbuka dan jaga protokol kesehatan ya mbakm take care

    • Reply
      yuntango
      April 25, 2021 at 5:06 pm

      Benar, Mbak. Terima kasih, ya. You too, Mbak.

  • Reply
    Yuni BS
    April 26, 2021 at 8:06 am

    saya kira, kita bisa bebas berbuka dengan apa pun asal bisa menjaga kebersihan masing-masing. Maksudnya sampah bekas makanannya dibuang ditempatnya.

    Tapi emang sih. Nggak semua orang akan mengerti mengenai tanggung jawab akan sampahnya sendiri. Banyak juga yang nggak perduli terus buang sampah sembarangan. Jadi, memang lebih baik ada aturannya.

    • Reply
      yuntango
      April 26, 2021 at 12:04 pm

      Benar, harus dipaksa juga supaya terbiasa.

  • Reply
    Ira Hamid
    April 26, 2021 at 9:18 am

    Untuk berbuka di angkutan umum, sebaiknya memang yang simpel aja yaa seperti kurna dan air putih. Di angkutan umum seperti kereta, protokol kesehatan wajib banget diterapkan demi menjaga keselamatan bersama

    • Reply
      yuntango
      April 26, 2021 at 12:04 pm

      Benar, dan juga untuk kenyamanan bersama.

  • Reply
    jihan fauziah
    April 26, 2021 at 11:30 am

    Aturan yang bagus juga sih, yang puasa tetap bisa buka tanpa harus menggangu kenyamanan transportasi umum

    • Reply
      yuntango
      April 26, 2021 at 12:05 pm

      Semoga penumpangnya bisa tertib menaati peraturan, ya. Aamiin.

    Leave a Reply

    Scroll Up