Aturan Naik KRL Saat Pandemi dan Tips Aman Naik KRL

Tips

Sejak adanya pandemi covid-19, banyak kebijakan diterapkan dan disesuaikan di semua tempat. Nggak terkecuali kebijakan dan aturan naik kendaraan umum seperti KRL yang jadi salah satu upaya transportasi umum di Jakarta.

Buat kamu yang mau naik KRL dan berencana merealisasikannya saat ini, simak artikel berikut sampai akhir, ya. Supaya bisa tetap menggunakan moda transportasi umum ini tanpa harus pulang lagi karena dianggap tidak mematuhi aturan yang berlaku.

1. Manula dan Anak Kecil Dilarang Naik

Buat kamu yang berencana naik KRL bersama orang tua dan anak kecil, apalagi bayi, lebih baik mengurungkan niat. Sebab tidak diperbolehkan karena masalah risiko penularan covid-19. Sebaiknya, pilih transportasi yang lebih aman seperti ojek online atau taksi online.

2. Diwajibkan Menggunakan Masker dan Baju Lengan Panjang

Masker, merupakan salah satu perlengkapan utama untuk melindungi diri dari droplet yang bisa menularkan virus. Masker yang diperbolehkan pun adalah masker kain dan masker medis. Sedangkan masker yang tidak diperbolehkan adalah masker buff atau masker yang tidak memiliki lapisan cukup untuk menahan droplet.

Selain masker, Commuter Indonesia juga mewajibkan seluruh penumpang untuk menggunakan pakaian lengan panjang. Alasannya pun sama, meminimalisir penukaran covid-19 yang bisa saja menempel pada kulit. Terlebih kondisi KRL yang tidak jauh berbeda dibanding sebelum pandemi dari segi kepadatan penumpang. Meskipun sudah diberikan marka jaga jarak di lantai dan kursi kereta.

3. Tidak Boleh Berbicara dalam Kereta

Berbicara bisa meningkatkan risiko penularanan virus covid-19. Nah, untuk menghindari itu, terbitlah peraturan ini. Penumpang dilarang berbicara di dalam kereta baik satu arah, maupun dua arah. Itu berarti, mengangkat telepon sangat tidak dianjurkan, ya.


Tips Aman Naik KRL

Setelah mematuhi aturan naik KRL, ada baiknua kita melakukan hal-hal di bawah ini untuk meminimalisir penularan dan tertular virus covid-19.

  • Selalu membawa hand sanitizer
  • Menggunakan kartu Multitrip atau E-money dari bank yang sudah terintegrasi dengan eticketing sistem KRL
  • Tidak memegang wajah
  • Mencuci tangan sebelum maupun sesudah melakukan perjalan di wastafel yang sudah tersedia di banyak stasiun

Nah itu aturan naik KRL saat pandemi dan tips aman bermobilisasi dengan KRL. Semoga informasinya bermanfaat dan kita semua tetap sehat dan bahagia, ya!

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply

Scroll Up