co-working space alfa x

Co-Working Space Alfa X Margonda, Pilihan Tepat untuk Jadi Tempat Kerja

Discovering Somenthing Place

Sempat viral tahun lalu di media sosial, akhirnya tahun ini buka cabang di dekat stasiun KRL. Lokasinya di pinggiran Jakarta, tepatnya di Jalan Margonda dan samping Kampus Gunadarma. Yes, co-working space Alfa X bisa jadi pilihan tepat untuk tempat bekerja maupun belajar.

—————————

Tahun 2021 sudah memasuki bulan kedua, tapi sejauh ini gue masih merasa kurang produktif untuk masalah kerjaan kantor. Setelah ditilik, penyebab utamanya adalah karena gue terlalu banyak menggunakan waktu gue untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan yang sebenarnya nggak memerlukan skill khusus seperti balas email dan chat. Pengkategorian pekerjaan ini disebut sebagai swallow work.

Karena gue terlalu terdistraksi dengan swallow work, gue pun akhirnya mengesampingkan deep work yang mana pekerjaan ini memerlukan konsentrasi khusus dan waktu yang nggak sedikit untuk menyelesaikannya. Contoh kategori deep work mungkin meliputi menyusun target, buat strategi, dan analisis kasus.

Sebenarnya swallow work bukanlah satu-satunya penyebab gue kurang produktif sih. Beberapa hal minor lainnya juga, sebut aja kondisi rumah yang kurang kondusif. Anak-anak bulu yang kadang tingkahnya suka mencuri perhatian, orang rumah yang meminta bantuan, masakan nyokap, sampe abang tukang jajanan yang lewat di depan rumah juga turut ambil bagian. Dan itu semua selalu sukses membuyarkan fokus gue saat ingin dan sedang mengerjakan deep work. No, gue nggak nyalahin siapa pun. Ini emang dasarnya gue aja yang gampang terdistraksi sama hal-hal sepele.

Image Source: Scott Y

Berangkat dari situ, akhirnya gue memutuskan untuk cari tempat kondusif supaya gue bisa menyelesaikan pekerjaan gue. Kebetulan, beberapa waktu lalu gue membaca info bahwa ada salah satu toko jaringan retail yang membuka cabang di daerah Margonda. Selain itu, mereka juga menyediakan co-working space. Karena sudah lumayan ramai diperbincangkan di media sosial, jadi gue yakin kalian sudah tau nama tempat ini. Ya, dia adalah Alfa-X.

Beberapa waktu lalu gue sempat mengunjungi tempat ini. Eh tapi ternyata co-working space-nya belum bisa digunakan. Jadilah gue mengunjungi cabang lain yang lokasinya nggak jauh dari Margonda, yaitu di Jalan Akses UI. First impression gue sih ok lah ya waktu ke sana dan cobain co-working space-nya. Tapi apakah akan berlaku juga untuk co-working space Alfa X Margonda? Let’s see!


Baca Juga: Solo Traveling ke Jepang, Persiapan dan Tips untuk Pemula


Hal Pertama yang Dilakukan Ketika Sampai

Hal pertama ketika sampai adalah menuju ke kasir dan bilang bahwa kita ingin menyewa co-working space. Untuk satu orang dikenakan biaya 40ribu. Kita akan dapat minuman yang bisa kita pilih meliputi kopi, jus atau susu. Setelah membayar, kita akan diberikan akses untuk keluar masuk ruangan co-working space berupa gelang berwarna merah dan voucher untuk menyambungkan device kita dengan wifi. Untuk voucher wifi ini bisa dikoneksikan ke dua perangkat, ya. Untuk waktu penggunaan co-working space-nya adalah seharian sampai tokonya tutup. Dan nggak boleh nginap.

Di sini, gue menyadari ada beberapa perbedaan proses mendaftar untuk penggunaan co-working space, antara di cabang Margonda dan di Akses UI. Yang pertama adalah di sini tidak dimintai KTP, melainkan hanya nomor telepon. Kedua, HTM. Harga tiket masuk co-working space di sini sebesar 40ribu dengan compliment segelas minuman. Sedangkan HTM di cabang Akses UI sebesar 50ribu dengan compliment minuman dan snack. Sama halnya dengan minuman, snack-nya pun bisa kita pilih. Kalau waktu itu gue ditawarkan popcorn atau keripik singkong.

Setelah membayar, gue menunggu sebentar sampai minuman gue selesai dibuat. Fyi, gue pilih jus buah yang mana pada hari itu hanya manga dan stroberi yang tersedia. And I choose mango juice.

Compliment & Gelang Akses

Co-working space di cabang Margonda ini terletak di lantai dua. Jadi tinggal naik tangga aja satu lantai aja, ya kawan-kawan. Ketika masuk ke dalam co-working space, betapa bahagianya gue karena nggak ada orang selain gue. Saking kosongnya, gue nyalain AC pun sendiri dong. Udah cocok banget kan jadi karyawan piket.

Untuk ukuran, co-working space di sini emang lebih kecil daripada di cabang Akses UI. Tapi… nggak masalah selama yang pakai hanya saya seorang. Yuhuuuuuuuuuuuuuuuuu.

Ada Apa Aja di dalam Co-working Space Alfa X Margonda?

Setelah membuka pintu, kita akan disuguhkan dengan desain interior yang menarik dengan konsep yang menggabungkan cozy serta fun. Warna-warna earth tone akan kamu temukan pada interior. Sedangkan warna-warna yang menciptakan ambience fun terpancar dari warna bean bag yang cerah.

Di sini menawarkan beberapa pilihan posisi tempat kerja. Jika kamu lebih suka yang lebih privat, kamu bisa pilih tempat duduk berbilik samping di sebelah kiri yang menghadap tembok. Kalau lebih suka posisi kerja nyender dengan kaki sila, bisa pilih di bawah pakai bean bag dan meja bundar. Anyway di posisi ini ada jendela besar sebagai pemasok cahaya ilahi, jadi cocok banget buat selfie-selfie (kalo mau juga sih). Posisi terakhir, ini bisa gue sebut sebagai posisi terakhir yang dipilih kalo nggak kebagian di ruang privat atau pun area bean bag. Tapi tenang, di area ini kamu tetap punya privasi karena dibatasi dengan sekat akrilik bening.

Karena tempat ini ditujukan untuk orang-orang yang ingin bekerja dan belajar, jangan khawatir soal stop kontak. Stop kontak di sini cukup melimpah. Ada hand sanitizer juga, tempat sampah, sampai APAR.

Pro Tips: Kalo bisa jangan pilih posisi yang persis di bawah pengharum ruangan, ya. Karena ruangan ini menggunakan pengharum ruangan yang otomatis nyemprot sendiri, kalo kena mata jadinya perih dan malah bikin ngantuk tiba-tiba.

Menu Makanan

Setelah satu jam gue sendirian, ternyata ada dua orang yang datang. Kebetulan gue yang mulai lapar akhirnya memutuskan turun ke bawah untuk makan dulu. Selain produk-produk retail, Alfa X ini ternyata juga menyediakan makanan serta minuman yang fresh, yang dimasak jika ada pesanan. Jadi bukan semacam ready to eat. Menu yang gue pesan adalah nasi box chicken dengan sambal matah dan tambahan telur ceplok. Harga total 21,500 dan ditambah air mineral 3,000.

Packagingnya unik!

Nasi + Chicken + Sambal Matah + Telur Ceplok

Namanya rice box ya, gue nggak berekspektasi banyak sama isinya. Buat gue rasanya ayam tepungnya lumayan, tapi teksturnya lebih kering daripada waktu gue makan di cabang Akses UI. Potongan ayam tepungnya lebih juicy. Dan untuk sambalnya gue lebih suka sambal korek yang juga gue pesan sebelumnya di cabang Akses UI. Tapi overall ok kok. Porsi nasinya juga banyak menurut gue.

Boleh nggak bawa makanan ke co-working space?

Ini gue belum tau. Kalau snack boleh. Tapi kalaupun bawa makanan berat juga boleh, gue tetap pilih makan di luar co-working space karena faktor kenyamanan pengunjung lain.

Selesai makan, gue balik ke atas lagi untuk menyelesaikan kerjaan. Sampai satu jam kemudian gue Kembali sendirian di dalam karena dua orang yang tadi datang pun pulang.

Letak Toilet dan Kebersihannya

Poin ini sepertinya akan selalu gue bahas tempat-tempat baru di artikel-artikel berikutnya. Karena Kamar mandi menurut gue adalah salah satu faktor yang memengaruhi kenyamanan.

Untuk lokasi toilet ada di lantai dua dan persis di depan co-working space. Nggak ada perbedaan antara laki-laki dan perempuan. Dari sisi westafelnya bersih dan cukup lengkap. Ada sabun, tempat sampah, cermin, hand dryer. Kebersihan toiletnya so so, tapi sayangnya tisunya abis. Jadi kalau mau ke toilet, gue sarankan untuk bawa tisu sendiri.

Cara ke Alfa X Margonda dengan Kereta

Beruntungnya, Alfa X ini lokasinya cuma 200m dari Stasiun Pondok Cina. Jadi kamu bisa jalan aja dari stasiun ke sini. Lokasinya persis di samping Kampus Gunadarma Margonda. Posisinya di sebelah kiri Jalan Margonda arah Jakarta.


Baca Juga: Numpang Kerja di Milenial Coffee


Itu dia review yang nggak singkat tentang co-working space Alfa X Margonda. Semoga informasinya bermanfaat untuk teman-teman sekalian. Selamat mencoba kalau mau, dan tetap pakai masker, jaga jarak dan rajin mencuci tangan.

————————————————————————————-

Alfa X Margonda
🚉: Stasiun Pondok Cina
💰: Rp40,000 (HTM)

————————————————————————————-

You Might Also Like

6 Comments

  • Reply
    Ini bukan steven
    February 13, 2021 at 4:00 pm

    Woahhh kapan giveaway ticket working in here

    • Reply
      yuntango
      February 15, 2021 at 11:25 am

      Doain aja pen wkwk

  • Reply
    Rizki Pradana
    February 15, 2021 at 6:13 am

    Makasih banyak reviewnya Kaka

    Hari ini saya work right here, nyari info dulu tentang AlfaX baru di Margonda ini, dan review Anak Kereta ini sangat membantu 🙂

    • Reply
      yuntango
      February 15, 2021 at 11:23 am

      Wahhh seneng banget bisa membantu. Terima kasih ya sudah mampir 🙂

  • Reply
    Agi
    February 18, 2021 at 1:56 am

    Lagi browsing soal Alfa X yang ada di margonda tau tau nemu blogmu kaak 😂

    • Reply
      yuntango
      February 19, 2021 at 3:37 pm

      Aaaaaa terkejut ditemukan oleh Agi 😹😹😹 ketik keyword apa di Google? ehehehehe.

    Leave a Reply