Kereta Disney Resort
Overseas Rail Journeys

Disney Train, Kereta Gemas di Tokyo Disney Resort

Tahun 2017 adalah tahun pertama gue akhirnya bisa menginjakkan kaki di negeri sakura, negara yang paling banget dikunjungin sejak kecil. Pada kedatangan pertama itu pula, gue berkesempatan main di Tokyo Disneysea bareng dua teman. Buat orang-orang pada umumnya, kegiatan utama mengunjungi salah satu theme park terkenal di dunia ini adalah untuk nyobain wahana-wahananya yang seru. Tapi buat gue, agenda utama ke sini adalah untuk nyobain Disney Train atau kereta api rute khusus yang ada di Tokyo Disney Resort.

Jadi gini ceritanya, untuk sampai ke Tokyo Disney Resort gue dan teman-teman harus naik JR ke Stasiun Tokyo terlebih dahulu. Setelah itu kami transit dan berpindah kereta ke jalur JR Musashino Line / Keiyo Line untuk mencapai stasiun tujuan kami yaitu Stasiun Maihama.

Baca juga: Akhirnya ke Kyoto Railway Museum Juga!

Kami berangkat dari penginapan sekitar pukul 7 pagi dan saat itu merupakan jam-jam sibuk orang-orang Jepang berangkat ke kantor. Jadinya ngerasain deh desak-desakan di dalam kereta. Karena ngerasain jadi pepes juga di kereta Jepang, terus jadi sadar kalau ternyata penuh dan sesaknya kereta di Jepang waktu jam-jam sibuk sama kayak KRL di Jabodetabek. Cuma… yang membedakan adalah orang-orang Jepang ketika berdesakan memilih untuk sibuk sendiri entah sibuk sama gadgetnya, atau sama barang bawaannya seperti buku bacaan. Jadi, kayaknya sih mereka lebih memilih nggak banyak bicara dan protes kenapa keretanya penuh sesak supaya energi mereka juga nggak terbuang sia-sia. Hehehe. Sebuah pelajaran yang mungkin bisa penumpang KRL terapkan. 😊

Setelah sampai di Stasiun Maihama, perjalanan kami lanjutkan dengan kereta api rute khusus untuk menuju Tokyo Disneysea. Nah… ini dia yang ditunggu-tunggu, naik kereta api menggemaskan karena interiornya yang Disney banget. Tbh, gue bukan penggemar berat Disney, tapi karena memang keretanya menggemaskan.

Untuk naik kereta ini, kami harus membeli tiket dulu di mesin tiket. Huhu karena udah lama, jadi lupa berapa harga tiketnya dan lupa difoto. Maafkeun.

Kereta api rute khusus ini berjalan di atas jalan layang dengan rute mengelilingi Tokyo Disney Resort. Stasiun-stasiun yang dilewati meliputi stasiun-stasiun yang ada di dalma Tokyo Disney Resort, jumlahnya ada 4.

Pertama, Stasiun Resort Gateway, atau disebut sebagai stasiun keberangkatan. Stasiun inilah yang menjadi titik awal kami untuk masuk ke Tokyo Disney Resort dan berjarak sekitar 2 menit dari Stasiun JR Maihama.

Stasiun kedua yang dilewati adalah Stasiun Tokyo Disneyland, yaitu stasiun dengan bangunan bergaya era Victoria yang terletak tepat di depan Gerbang Masuk Tokyo Disneyland.

Stasiun ketiga adalah Stasiun Bayside, yaitu stasiun yang berdinding kaca dengan potongan besar wajah Micky Mouse yang terdapat di bagian atas Gedung stasiun ini. Oiya, dari sini kamu bisa lihat Tokyo Disneyland dan Tokyo Disneysea juga, lho.

Terakhir adalah Stasiun Tokyo DisneySea. Stasiun ini merupakan stasiun dengan bangunan yang waluapun terlihat kuno, tapi tetap anggun karena memadukan gaya Italia pada abad 18 dan 19.

Baca juga: Nyobain Naik Shinkansen Hikari di Jepang

Kebayang nggak pemandangan yang akan dilihat dari jendela kereta kalau desain stasiun-stasiunnya aja sekece itu? Ditambah lagi Tokyo Disney Resort terletak nggak jauh dari laut.

Untuk interval antarkereta adalah 4 sampai dengan 13 menit. Sedangkan waktu yang dibutuhkan untuk berkeliling 4 stasiun dengan kereta adalah 13 menit.

Berikut jadwal kereta pertama dan kereta terakhir di masing-masing stasiun.

Setelah bahas tentang stasiun-stasiunnya, lanjut bahas interior keretanya.

Jangan khawatir, nggak cuma stasiun-stasiunnya yang identik dengan Disney, interior keretanya juga kok. Beneran deh, jendela dan handgripnya menggemaskan banget, bentuknya kepala micky. Untuk handgripnya, selain berbentuk kepala Micky, talinya juga nggak kalah gemas dengan warna kuning dan celana merahnya.

Oiya, ada yang menarik nih dari Disney Train yang gue naikkin kemarin. Walaupun interiornya penuh dengan ornamen Micky Mouse, tapi gambar yang menghiasi badan luar kereta adalah gambar Frozen. Lucu ya. Lucunya in a good way kok.

Setelah menempuh perjalanan selama 13 menit dan melewati 3 stasiun, akhirnya sampe juga di Tokyo DisneySea. Dan seperti pengunjung pada umunya, gue dan teman-teman pun menikmati wahana-wahana yang ada di Tokyo DisneySea. Tapi sayangnya, waktu kunjungan gue saat itu kayaknya kurang tepat deh. Pasalnya di sana penuh banget sama anak-anak sekolah. Jadi untuk naik satu wahana aja harus antre sekitar 2 jam. Plus, di suhu 3 derajat. Dingin bangettttttt.

Baca juga: Osaka Loop Line, The Next Level of KRL

Pokoknya sepinya di pinggir jembatan ini aja. πŸ™

Segitu aja tulisan mengenai pengalan naik Disney Train di Tokyo Disney Resort. Kalau ditanya mau balik lagi ke sini, maka akan gue jawab, “Enggak untuk ke Tokyo DisneySea lagi.”, tapi kalau untuk naik Disney Trainnya, mau. πŸ˜›

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *