Kyoto Railway Museum
Overseas Rail Journeys

Akhirnya ke Kyoto Railway Museum Juga!

Postingan ini sebenarnya adalah sebuah nostalgia waktu solo traveling ke Jepang tahun 2018 lalu. Setelah buka-buka galeri, baru ingat kalau gue pernah mampir ke Kyoto Railway Museum atau Museum Kereta Kyoto.

Jadi, langsung aja ya gue mau cerita sedikit apa yang gue temuin di sana.

Kyoto City Tour _- Kyoto Railway Museum
Kayaknya sih Kyoto City Tour

Setelah keluar dari Stasiun Kyoto, gue langsung disambut cuaca cerah dan bus merah ini. Kayaknya sih ini city tournya kota Kyoto. Gue harus berjalan sekitar 30 menit sebab jarak dari Stasiun Kyoto menuju Kyoto Railway Museum sekitar 1,8 km. Kepingin naik, tapi setelah liat brosurnya, ternyata harga tiket naik busnya mahal banget. Apalah daya seorang gembel peron ini. Akhirnya memutuskan kembali ke rencana awal, yaitu jalan kaki dengan panduan dari Google Maps.

Museum Kereta Kyoto ini ternyata dikelilingi oleh banyak objek wisata menarik juga. Ada Kyoto Aquarium dan Umekoji Park. Kalua di Umekoji Park ini merupakan spot cantik yang biasa digunakan oleh wakga sekitar untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Di sana ada banyak kursi-kursi taman, burung-burung, air mancur, dan bunga-bunga cantik.

Bunga-bunga Cantik di Umekoji Park

Bahkan, sekitar 300 meter sebelum pintu masuk Kyoto Railway Museum, gue menemukan ada dua buah gerbong kereta lucu. Kalau gue asumsi sih ini toko ice cream atau toko souvenir.

Cafe Gerbong Kereta di Kyoto aRailway Museum
Toko lucu berbentuk gerbong kereta

Nah, setelah berjalan cukup jauh dan cukup lama juga naik banyak jembatan penyebrangan, akhirnya sampailah gue di Museum Kereta Kyoto. Begini penampakan…

Kyoto Railway Museum
Selamat Datang!

Kyoto Railway Museum ini merupakam museum kereta api terbesar di Jepang setelah museum kereta di Kota Saitama. Museum ini memiliki 3 lantai dengan 53 jenis kereta yang dipamerkan. Pameran kereta pun dibagi lagi menjadi 4 area, yaitu Promenade, Main Building, Twilight Plaza, dan Roundhouse.

Setelah membeli tiket seharga 1200 yen , pengunjung akan memasuki kawasan pameran Promenade terlebih dahulu. Di sini pengunjung disuguhkan berbagai macam model kereta seperti kereta api rel listrik yang sama persis seperti rangkaian KRL dan juga kereta uap juga.

Baca juga: Osaka Loop Line, The Next Level of KRL

Masuk ke Main Building di lantai 1F, exhibition akan terlihat lebih wah. Sebab di sini kamu bisa menemukan lokomotif uap tertua dengan gaya Inggris hingga shinkansen yang dapat melaju 300 km/jam dan menjadi kereta tercepat pada tahun 1996 yang terpajang.

Shinkansen 500 - Kyoto Railway Museum
Shinkansen 500 yang dapat melaju 300 km/jam
Kyoto Railway Museum
Look closer!
it’s me dengan kantong plastik isi sushi box untuk makan siang
KUHA489-1, Kereta Api Nasional Jepang yang Ikonik
Main Building - Kyoto Railway Museum
KUHANE581-35 & KUHA489-1

Di area pameran Twilight Plaza, kamu bisa menemukan lokomotif listrik, sleeper train bergaya pullman, hingga kereta makan. Dan di area pameran Roundhouse, kamu juga menemukan kereta-kereta yang jauh lebih vintage yang diproduksi tahun 1880-1948. Wow! Classic banget, kan? Hiks. Tapi sayangnya gue nggak nggak mengunjungi kedua area pameran ini.

Baca juga: Nyobain Naik Shinkansen Hikari di Jepang

Di museum ini kamu nggak cuma bisa melihat model-model kereta historisnya Jepang. Tapi kamu juga bisa melihat diorama jalan kereta api, mengeoperasikan simulator, dan belajar mengenai sistem perkeretaapian dan keamanannya. Semua kegiatan menarik ini bisa kamu explore di lantai 2F Museum Kereta Kyoto.

Setelah muter-muter lantai 1F dan 2F, gue naik ke lantai 3F. Penasaran ada apa di sana. Tapi… kok sepi banget? Karena takut, akhirnya gue turun lagi. Muter-muter lagi.

Dan… baru sadar kalau pengunjung museum ini kebanyakan adalah anak-anak! Setelah tau itu gue nggak tau harus sedih atau senang. Tapi terlepas dari itu, buat kamu pencinta kereta api, tempat ini layak dikunjungi.

——————————————————————————

KYOTO RAILWAY MUSEUM
🚉: Stasiun Kyoto (1,8 km) / Umekoji Kyotonishi Station
💰: 1200 yen (Adults)
⏰: 10:00 AM – 5:30 AM

——————————————————————————

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *