Mengenali Diri Sendiri saat Commuting dengan Lagu-Lagu Ini

Cerita dalam Gerbong

Commuting, buat gue nggak sekadar aktivitas untuk bermobilisasi. Lebih dari itu, commuting merupakan cara gue untuk bermeditasi, terutama ketika menggunakan transportasi kereta.

Suara derit roda kereta serta suara gerbong yang berguncang membawa gue untuk semakin mengenali diri sendiri. Bahkan, hanya memandangi aktivitas semesta lewat jendela kereta pun kerap membuat pikiran gue melalangbuana. Bertanya pada diri sendiri. Sampai akhirnya itu semua mengantarkan gue pada titik terileks gue yang mana jawaban-jawaban dari hal yang selalu gue pertanyakan di kehidupan sehari-hari akhirnya ditemukan.

Bukan. Pertanyaannya buka tentang covid itu ada atau enggak. Atau bagaimana jika manusia sebenarnya ditakdirkan sebagai budak kucing. Terlalu berat. Pertanyaan-pertanyaan yg terjawab relatif mudah, tapi kadang kita terlalu berpikir jauh. Padahal kalau kita tengok sekitar, jawaban itu ada di dekat kita.

Sesederhana, diri kita ini maunya apa sih? Apa yang kita takuti? Bagaimana kita harus bertindak terhadap suatu hal? Apakah kita sudah cukup bersyukur?

Dan ketika tenggelam pada pertanyaan-pertanyaan tersebut, entah kenapa gue selalu suka jika didampingi oleh musik. Atau butuh validasi lirik dari lagu yang buat gue tanpa sadar mensugesti diri gue. Dan berikut daftar lagunya.


Baca juga: Ashta Distric 8, Sudut Instargramble dan Cara Menuju ke Sana dengan Kereta


Answer – Love Yourself

Ya, telinga gue termasuk yang cocok dengan beat lagu-lagu KPOP. BTS, beberapa tahun terakhir sukses mengampanyekan tentang pentingnya mencintai diri sendiri. Dan lagu ini adalah salah satu mediumnya.

Jika kita mau mencurahkan sedikit effort kita untuk mengulik lirik lagu ini, niscaya kita akan mendapatkan energi positif dari lirik lagunya. Dan buat gue sebagai manusia yang oenuh dengan insecurities, lirik lagu Answer merupakan rangkaian sugesti yang selalu gue tanamkan ke diri gue untuk lebih mencintai diri sendiri.

Someday – Ukiss

Penyanyinya adalah boyband lama yang pernah gue stand. Lagu ini jadi salah satu lagu mereka yang jadi favorit gue. Beatnya oke, dan liriknya juga bisa memulihkan kepercayaan diri gue yang lagi rapuh karena berbagai hal.

Life Goes On – BTS

Pernah merasak terpuruk atau berada di titik terendah dalam hidup? Coba dengar lagu ini deh dan baca lirik terjemahannya. Life Goes On selalu punya kekuatan untuk membuat gue tetap menjalani hidup walaupun gue lagi down atau lagi nggak punya harapan. Beatnya yang lambat pas banget deh disandingin dengan visual pemandangan semesta dari jendela kereta.

00:00 (Zero O’Clock) – BTS

Mau nggak rekomendasiin lagi BTS lagi tapi ya gimana lagu ini bagus dan cocok banget buat bikin gue merenung. Secara pesan yang ingin disampaikan sebenarnya nggak jauh beda sama Life Goes On, tapi menurut gue pesan di lagu 00:00 lebih kuat.

Selain kita harus tetap menjalani hidup, lagu ini juga menyampaikan bahwa akan selalu ada harapan setiap harinya. Untuk jadi diri lebih baik, lebih bahagia dengan menerima kesalahan yang pernah kifa lakukan dan nggak meratapinya. Karena semua hal buruk akan teriset dan akan diperbarui setiap pukul 00:00. Dan dari sana, dimulailah harapan baru untuk jadi pribadi yang lebih bahagia.


Baca juga: 3 Wanita Paruh Baya


Itu dia 4 lagu favorit yang jadi teman gue commuting. Kalau kalian, biasanya ditemanin lagu apa kalau lagi commuting?

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply