Kuala Lumpur ke Thailand Naik Kereta

Kuala Lumpur ke Thailand Naik Kereta Sleeper

Explore Train

Kuala Lumpur ke Thailand Naik Kereta — Ini adalah pengalaman sekitar tahun 2015, tepatnya waktu gue masih seorang mahasiswa dan menginjak semester ketiga. Pengalaman kedua gue ke luar negeri bareng temen-temen kampus dan dosen gue, menjelajahi Kuala Lumpur lagi, tapi dengan ditambah melipir ke Hat Yai, sebuah kota di Thailand Selatan dan dekat dengan perbatasan Malaysia. Perjalanan dari Kuala Lumpur ke Thailand tersebut kami tempuh dengan naik sleeper train atau kereta tidur.

Karena sudah cukup lama, ingatan gue tentang pengalaman ini pun juga mulai memudar (maklum ya sudah renta 😛). Oleh karena itu, gue nggak bisa membeberkan semua yang gue alami saat naik kereta ini. Tapi sebagai gantinya, gue akan sharing 4 hal mengenai pengalaman gue naik sleeper train dari Malaysia ke Thailand yang mungkin berguna bagi teman-teman.

So, check this out!

BACA JUGA: Naik Trem Doraemon di Takaoka yang Nggak Direncanakan

—————————————————

Keretanya Bernama Senandung Langkawi

Dari Kuala Lumpur ke Thailand Naik Kereta

Kereta Senandung Langkawi di KL Sentral

Kereta yang gue dan teman-teman naiki bernama Senandung Langkawi. Kereta ini di bawah naungan KTM, Keretaapi Tanah Melayu yang merupakan operator utama untuk transportasi kereta api di Malaysia. Senandung Langkawi merupakan kereta api yang melayani perjalanan dari Kuala Lumpur ke Hat Yai, Thailand dengan jadwal keberangkatan malam hari, dengan waktu tempuh selama 10 jam. Berangkat dari Stasiun KL Sentral, Senandung Langkawi melaju menuju Stasiun Hat Yai Junction sebagai stasiun pemberhentian akhir.

Kelas dan Fasilitas di Kereta Senandung Langkawi

Dari Kuala Lumpur ke Thailand Naik Kereta

Second Class Senandung Langkawi

Kereta ini memiliki 4 kelas yaitu: 1st class Berth, sleeper, 2nd class, dan economy.

1st class Berth menawarkan fasilitas AC, tempat tidur dan kabin yang cukup luas serta privat dengan tambahan fasilitas wastafel. Kelas Sleeper atau Superior Night Class menawarkan tempat tidur dengan formasi dan tampilan seperti dormitory, dengan kain sebagai gap privasi antarpenumpang. 2nd Class atau Superior Class merupakan kelas kereta dengan fasilitas tempat duduk dan AC, untuk kelas ini persis seperti kelas eksekutif kereta jarak jauh di Indonesia. Yang terakhir, kelas Economy, merupakan kelas dengan fasilitas kereta AC dan kursi yang berjarak tidak seluas 2nd Class, mirip dengan kelas ekonomi AC kereta jarak jauh di Indonesia.

Fasilitas Meja Lipat di 2nd Class

Fasilitas Meja Lipat di 2nd Class

Dari Kuala Lumpur ke Thailand Naik Kereta

Sleeper Class Senandung Langkawi

Untuk perjalanan dari Kuala Lumpur menuju Hat Yai, kami memesan jenis kereta 2nd class dengan tarif RM 48 atau jika diconvert ke rupiah sekitar 160ribuan. Sedangkan untuk perjalanan pulan, kami memesan kelas Sleeper dengan tarif RM 54 atau sekitar 180ribuan.

Imho, untuk sekelas kereta 2nd class yang setara dengan kereta eksekutif di Indonesia, tarif segini ternyata murah jika dibandingkan dengan tarif kelas eksekutif kereta api jarak jauh di Indonesia. Walaupun begitu, bukan berarti kereta ini nggak punya kekurangan. Ada satu hal kekurangan yang cukup fatal menurut gue sebagai orang Indonesia, nggak ada stop kontak, di kelas Sleeper maupun 2nd Class (kalau 1st Class dan Economy gue belum tau hehe). Jadi kalau mau naik kereta ini, harus siap sedia power bank dengan mAh yang besar karena perjalanan dari Kuala Lumpur ke Hat Yai memakan waktu 10 jam.

Selama perjalanan, akan ada pramusaji yang akan menawarkan makanan dan minuman dari gerbong ke gerbong. Harganya standart, tetapi jika ingin lebih hemat, kalian bisa membawa makanan instan sendiri dan membeli air panas dengan harga RM 1.

Bagaimana dengan kamar mandinya? Standart, karena culture gapnya nggak terlalu tinggi, jadi nggak jauh beda dari kereta api jarak jauh di Indonesia. Sedangkan untuk peraturannya juga nggak jauh beda. Salah satunya nggak boleh membuka pintu kereta ketika kereta sedang berjalan. Yang membedakan mungkin hanya hukumannya, kalau di Malaysia bayar denda, kalau di Indonesia mungkin hanya ditegur Eh tapi semoga nggak cuma ini aja ya hukumannya, karena ya memang bahaya buka pintu kereta pas keretanya lagi jalan.

Peraturan Kereta

Mau coba?

 

Transit di Padang Besar

Dari Kuala Lumpur ke Thailand Naik Kereta

Transit di Padang Besar sambil Berkenalan dengan Gadis-Gadis Manchester

Karena perjalanan ini merupakan perjalanan antarnegara, pastinya harus cap-mencap paspor. Untuk kebutuhan imigrasi, kereta menurunkan penumpang di Stasiun Padang Besar yang mana merupakan perbatasan Malaysia dan Thailand. Tak hanya turun, tapi semua penumpang diwajibkan untuk membawa semua barang bawaan keluar dari kereta. Proses imigrasinya sama seperti pemeriksaan passport di imigrasi bandara, hanya saja tempat ini lebih sederhana.

Setelah seluruh penumpang turun dan membawa semua barang-barang, kereta beranjak meninggalkan Stasiun Padang Besar untuk diperiksa petugas. Sekitar setengah jam kemudian, kereta kembali dengan jumlah gerbong yang dikurangi karena jumlah penumpang sudah tak banyak lagi.

Sementara menunggu kereta kembali, kami menggunakan waktu ini untuk berkenalan dengan turis lain. Mereka adalah dua orang gadis asal Manchester yang sedang melakukan study trip ke Hat Yai. Dan tau? Umur mereka saat itu baru 18 tahun. Sayangnya, kami lupa nama mereka. Hehehe.

Sudah Tidak Beroperasi

Sayang seribu sayang, Senandung Langkawi berhenti beroperasi sejak tahun 2016. Untuk alasannya gue belum tau. Namun, jika ingin pergi ke Hat Yai dari Kuala Lumpur, ada beberapa alternatif lain. Di antaranya:

  • Ada pemberangkatan bus langsung ke Hat Yai.
    • Please check: busonlineticket.com
  • Naik Kereta EST dari KL Sentral ke Padang Besar di Perlis, kemudian ganti kereta ke Hat Yai yang beroperasi setiap Jumat, Sabtu, dan Minggu. (source: http://mrdefinite.net/)

—————————————————

BACA JUGA: 15 Jam di Solo, Bisa Naik Batara Kresna dan…

Nah itu dia sedikit cerita pengalamanan dari Kuala Lumpur ke Thailand naik kereta sleeper. Beruntungnya, gue sempat merasakan sebelum kereta berhenti beroperasi. Semoga ke depannya ada kesempatan lain untuk coba sleeper train lainnya. Aamiin.

Oiya sebagai penutup, berikut gue lampirkan foto-foto saat tiba di Hat Yai, Thailand.

Naik Sleeper Train dari Malaysia ke Thailand

Stasiun Hat Yai Junction yang Sekilas Mirip Stasiun Manggarai

Naik Tuk Tuk

Naik Tuk Tuk

Tiba di Hotel untuk Check In

Tiba di Hotel untuk Check In

You Might Also Like


function add_nofollow_link( $link ) {
return str_replace( '")\'>', '")\' rel=\'nofollow\'>', $link );
}
add_filter( 'comment_reply_link', 'add_nofollow_link' );

No Comments

Leave a Reply