Daftar Stasiun KRL yang Jadi Surga Kuliner, Cocok buat Ngabuburit

Discovering Somenthing Food

Sejak pertengah tahun 2013, kita udah nggak bisa menemukan pedagang kaki lima di peron stasiun KRL. Hal ini dikarenakan PT KAI melakukan sterilisasi stasiun untuk meningkatan pelayanan dan menunjang kondisi stasiun agar lebih tertib, bersih, nyaman dan aman. Selain itu, sterilisasi stasiun juga dilakukan dalam rangka persiapan penggunanaan sistem baru pada saat itu, yaitu e-ticketing yang sampai sekarang masih berjalan sistemnya. Makanya, sekarang ini KRL jauh lebih nyaman dan tertib, kan?

Walaupun begitu, nggak dipungkiri kadang juga kangen sih sama kondisi sebelum sterilisasi stasiun. Di mana kita dengan mudah jajan di dalam peron atau sekadar hunting dvd bajakan. Tapi untungnya, sekarang kita udah bisa mengobati sedikit kerinduan mengenai memori jajan di stasiun KRL. Selain biskuit tape Stasiun Cawang, masih banyak lho ternyata jajanan yang bisa kita nikmati di sekitar stasiun KRL. Dan lebih asiknya lagi kalau dilakukan sambil ngabuburit menunggu bedug Magrib.

Nah di artikel ini, gue mau kasih rekomendasi stasiun KRL yang punya banyak jajanan, mulai dari jajanan kaki lima sampai café estetik dengan menu yang unik. Dan beberapa stasiun di bawah ini juga terletak nggak jauh dari tempat-tempat menarik yang akan bikin ngabuburit kamu jadi lebih seru.

Stasiun KRL yang Punya Banyak Jajanan

Stasiun Jakarta Kota

Pembuatan jamu dengan teknik dan proses pembuatan kopi

Stasiun Jakarta Kota atau yang disingkat dengan JAKK, terletak di Jalan Lada Pinangsia, Taman Sari, Jakarta Barat. Stasiun ini juga berlokasi nggak jauh dari wisata Kota Tua yang selalu jadi daya tarik wisatawan dalam maupun luar negeri. Karena itulah, banyak kuliner bertebaran di sekitar stasiun ini. Kamu akan menemui berbagai pedagang kaki lima yang menawarkan jajanan dan makanan berat seperti cimol, kentang goreng, sampai nasi goreng ketika pertama kali keluar dari stasiun.

Jalan sedikit menuju integrasi dengan TransJakarta, ada beberapa kedai seperti bakso dan aneka minuman yang terletak di dekat air mancur. Dan kalau kamu jalan menuju wisata Kota Tua, kamu akan menemukan satu café unik yang menyediakan menu jamu dengan proses dan teknik pembuatan layaknya kopi. Konsepnya itu bar dengan open kitchen, jadi kita bisa melihat proses pembuatan jamunya dengan menggunakan alat-alat pembuatan kopi yang salah satunya adalah grinder.

Nah kalau mau tau lebih lanjut, gue pernah bahas ini di postingan tahun 2018. Silakan cek di sini, ya.

—————————

 

—————————

Stasiun Tanah Abang

Image Source: Wikipedia

Sebagai stasiun transit yang menghubungkan jalur Serpong-Bogor dan dekat dengan pusat tekstil terbesar di Asia Tenggara, nggak heran kalau stasiun ini selalu ramai. Karena ramai, jadi banyak pedagang yang memanfaatkan kondisi ini untuk berjualan.

Jajanan favorit versi gue adalah onde-onde yang ada di pintu dekat Bareskim. Kuliner lain yang bisa kamu temukan di sepanjang jalan ini ada mie ayam, nasi uduk, berbagai kue pasar, gorengan, hingga buah-buahan yang selalu laris setiap pagi hari.

—————————

 

—————————

Stasiun Sudirman

Mie Keriting Luwes Stasiun Sudirman

Mie Keriting Luwes Stasiun Sudirman

Salah satu alasan kenapa stasiun ini ramai, karena di sekitarnya banyak jajanan mulai dari kaki lima sampai coffee shop yang enak dan popular di kalangan orang-orang yang commuting. Kuliner kaki lima yang wajib kamu coba adalah Dimsum Arsyif yang enak dan harganya ramah di kantong.

Selain itu buat kamu yang mengaku coffee person, ada Stumpy Coffee yang wajib disambangi dengan menu favorit yang memadukan kopi dengan lemon. Hmmm, unik kan? Di sekitarnya juga ada Jco, Roti Nougat Stasiun Sudirman, Ngikan dan bubur ayam yang selalu jadi favorit orang-orang ketika berangkat dan pulang kerja. Selain itu juga banyak warung tenda yang menyediakan menu makanan berat seperti Mie Keriting Luwes, Ayam Bakar, dan Bakso Beranak, lho.

—————————

 

—————————

Stasiun Gondangdia

Terletak di daerah Menteng, Stasiun Gondangdia juga jadi salah satu stasiun dengan surga kuliner khas Indonesia. Salah satunya adalah martabak Bandung isi ketan hitam. Untuk harganya cuma 10ribu dan lokasinya terletak di Pintu Selatan Stasiun Gondangdia, samping BRI, ya.

Nggak kalah popular, ada juga Gudeg Bu Tinah yang nggak cuma manis, tapi ada rasa pedasnya. Paling endeus dipaduin dengan ceker dan ayam. Untuk lokasinya, Gudeg Bu Tinah ini terletak persis di samping Stasiun Gondangdia dengan jam buka pukul 6 pagi-3 sore.

Kangen kuliner khas Surabaya? Jangan khawatir. Tiga ratus meter dari stasiun ini, ada kuliner khas Jawa Timur yang menyediakan menu Rujak Cingur. Namanya adalah Kantin Rujak Cingur Khas Surabaya Pak Hadi.

—————————

 

—————————

Stasiun Tebet

Image Source: beautynesia.id

Tebet merupakan salah satu daerah favorit anak muda di Jakarta. Nggak heran banyak tempat-tempat menarik dan kuliner enak, nggak terkecuali di sekitaran Stasiun Tebet. Banyak tempat makan popular yang bisa dijumpai di sini seperti Warung Upnormal, Sate Taichan Goreng, Bebek Kaleyo, sampai Sate Padang Ajo Ramon.

Kalau masuk ke Jalan Tebet, kamu akan banyak menemukan café-café hits salah satunya Comic Café. Dan Tebet ini juga jadi salah satu surga buat kamu pecinta martabak. Percaya deh. Berbagai jenis martabak dengan berbagai rasa dan topping bisa kamu temukan dan nikmati di sekitarn Stasiun Tebet.

—————————

 

—————————

Stasiun Lenteng Agung

cakwe stasiun lenteng

Cakwe Stasiun Lenteng Agung

Stasiun selanjutnya adalah stasiun Lenteng Agung. Di pintu timur, banyak kuliner yang wajib kamu coba. Beberapa di antaranya ada cakwe legend yang sudah ada sejak sepuluh tahun lalu dan harganya murah banget. Kemudian ada sate padang, tteokpoki, rujak jambu kristal, sampai McD.

————————— 

 

—————————

Stasiun Pondok Cina

Image Source: Kumparan

Lanjut, melipir ke pinggir Kota Jakarta, tepatnya di Depok kita punya Stasiun Pondok Cina yang juga jadi salah satu stasiun dengan berbagai kuliner enak. Ketika kamu keluar dari pintu Stasiun Pondok Cina yang menuju Jalan Margonda, kamu akan menemukan berbagai jajanan kaki lima yang berderet mulai dari telur gulung, sempol ayam, otak-otak, rujak ulek, lumpia basah, hingga pisang cokelat.

Kalau mau yang segar-segar ada satu kedai ice cream yang bisa dine in. Menunya menawarkan perpaduan ice cream dengan buah yang pastinya dibanderol dengan harga terjangkau. Namanya adalah Pocin Ice Cream.

————————— 

 

—————————

Stasiun Bogor

Image Source: Fatahilaharis

Sampai di stasiun paling ujung, yaitu Stasiun Bogor. Stasiun ini juga kaya akan kuliner enak. Beberapa di antaranya ada Toge Goreng H. Gebro, Kupat Tahu Doclang 405, Mie Ayam Bang Dores, dan Bubur Ayam Pak Kumis. Semua kuliner ini bisa dijangkau dengan berjalan kaki karena jarak tempuh dari Stasiun Bogor tidak lebih dari 1km.

Baca juga: Rekomendasi Tempat Makan di Bogor yang Nyaman untuk WFH

————————— 

 

————————— 

Itu dia stasiun-stasiun KRL yang jadi surga kuliner dan bisa dijadikan tempat untuk ngabuburit. Kalau dari daftar di atas, mana kuliner stasiun favorit kamu? Tulis di kolom komentar, ya.

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply

Scroll Up