tempat jogging di jakarta
News

Tempat Jogging di Jakarta dan Sekitarnya yang Dekat dengan Stasiun Kereta

Jogging emang jadi salah satu olahraga murah dan bisa dilakukan di manapun, indoor maupun outdoor. Ya walaupun begitu, kenyamanan tetap harus diperhitungkan. Apalagi mengingat Jakarta merupakan kota metropolitan yang bersahabat dengan kemacetan dan polusi, bagi sebagian orang olahraga jogging jadi merepotkan. Belum lagi lahan parkir yang semakin sempit dan tarif yang mulai merangkak naik, makin banyak alasan dong untuk nggak mau olahraga jogging. Padahal, banyak lho tempat jogging di Jakarta dan daerah-daerah sekitarnya yang rindang dan asik digunakan untuk berolahraga.

Penasaran? Nih Anak Kereta kasih daftar tempat jogging di Jakarta dan sekitarnya yang bisa kamu jangkau dengan kereta, baik itu KRL, MRT maupun LRT.

Lapangan Banteng

Lapangan yang identik dengan patung pembebasan Irian Barat ini sekarang sudah jadi ruang publik favorit yang cantik. Terletak di pusat kota Jakarta, berbagai fasilitas yang hal menarik bisa kamu temukan di sini. Kamu bisa jogging sambil belajar sejarah lewat dinding kutipan.

Jogging sendirian? Nggak usah khawatir, kamu bisa ditemenin sama cantiknya air mancur yang menari dengan kilauan lampu-lampu di danau dan diiringi lagu-lagu daerah. Atau kamu mau bawa anak, ponakan atau sepupu yang masih balita? Tenang, ada area bermain anak juga kok di sini. Abis jogging lapar? Jangan panik, di sekitar lapangan banteng bertebaran pedagang kaki lima yang siap pemadam kelaparan perutmu.

Mau cari support system yang bisa bikin lari jadi tambah semangat? Tenang, di Lapangan Banteng kamu bisa temuin Banteng Runners dan join di komunitas ini, lho.

Stasiun Terdekat: Stasiun KRL Juanda

Komunitas Lari: Banteng Runners

Gelora Bung Karno

Bisa dibilang Gelora Bung Karno adalah pusatnya orang Jakarta olahraga. Ya nggak salah sih, kan tempat ini dibuat memang untuk olahraga. Di sini, kamu nggak cuma bisa jogging, tapi juga bisa sepedaan, zumba, main skateboard maupun inline skate. Nggak heran kalau banyak komunitas olahraga yang memusatkan lokasi latihannya di Gelora Bung Karon (GBK), terutama di kawasan ring road stadion utama.

Stasiun Terdekat: Stasiun KRL Palmerah, Stasiun MRT Istora Mandiri, Stasiun MRT Senayan

Komunitas Lari: Jakbabes, JakBRunners, GBK Night Run, Riot, Fake Runner, Rush Runner, LDR, Maem Running Club

Funfact: Kalau kamu tidak terlalu suka lari di keramaian, coba datang setiap hari Senin. Karena biasanya orang-orang istirahat setelah longrun saat weekend.

The Premier MTH Tebet

Buat kamu yang berdomisili di Tebet, Cawang, Kalibata dan sekitarnya, The Premier MHT Cawang, kawasan mis-use meliputi perkantoran, apartemen dan area komersial bisa jadi pilihan tepat sebagai tempat jogging. Cuma 200 m stasiun KRL Cawang, di sini kamu juga bisa ketemu sama temen-temen Tebetian Runner yang rutin latihan setiap hari Rabu jam 7 malam. Asik kan?

Stasiun Terdekat: Stasiun KRL Cawang

Komunitas Lari: Tebetian Runner

Universitas Indonesia

Geser sedikit dari Jakarta, ada tempat jogging asik yang paling rindang. Universitas Indonesia atau UI yang terletak di utara Depok ini berdiri dikelilingi hutan yang masih rimbun. Lari di jalan beraspal? Bisa. Cari track yang ada elevasinya? Ada. Mau lari semi trail di hutan? Ada. Atau mau gowes seru di jalur off-road? Tentu bisa diwujudkan di Bike Park UI.

Sebentar, masih ada lagi nih hal lain yang bikin UI jadi salah satu tempat jogging terasik. Lokasinya yang dilalui jalur KRL ini bikin UI jadi tempat strategis. Ada 2 stasiun yang berada di lingkungan kampus UI, Stasiun UI dan Stasiun Pondok Cina. Cocok banget kan jadi tempat jogging yang strategis? Apalagi di sini kamu bisa temuin dua komunitas lari setiap weekend.

Kamu nggak ke mana-mana Sabtu pagi? Mending ikut Saturday Morning Run UI alias SAMRUI bareng Derby Runners aja keliling UI. Atau Kamis malam bareng rombongan Fake Runners Depok di Stadion UI. Dijamin weekend kamu lebih sehat.

Stasiun Terdekat: Stasiun KRL Universitas Indonesia, Stasiun KRL Pondok Cina

Komunitas Lari: Derby Runners, Fake Runners Depok

Itu dia tempat jogging di Jakarta yang dekat dengan stasiun kereta. Nah gimana? Weekend ini udah ada plan untuk jadi lebih sehat?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *