trem doraemon di takaoka

Naik Trem Doraemon di Takaoka yang Nggak Direncanakan

Explore Train

Pernah dengar kutipan ini? Shit will happen even in perfect itinerary. Nah, pengalaman gue kali ini kebalikan dari kutipan tersebut. Exciting thing can happen even in the worst itinerary. Kayak pengalaman gue naik trem doraemon di Takaoka ini. Yuk simak!

—Selamat tahun baru 2021!

Wow, 9 bulan nggak nulis di blog ternyata kangen juga, ya. Hmm, sebenarnya lebih ke arah sayang sih solanya udah argo hosting sama domain jalan terus. Hehehehe.

Anyway, mengingat pandemi masih belum bersahabat, jadi postingan pertama di tahun 2021 ini akan gue isi dengan throwback solo traveling waktu ke Jepang. Dan ceritanya adalah tentang naik trem doraemon di Takaoka!

BACA JUGA: DISNEY TRAIN, KERETA GEMAS DI TOKYO DISNEY RESORT

________________________

Jadi gini ceritanya, waktu itu nggak ada di itinerary gue untuk ke Takaoka dan naik trem doraemon. Gue memutuskan untuk naik trem doraemon di Takaoka pun setelah bertemu dengan solo traveler dari Indonesia di Kanazawa, namanya Kak Gita. Kebetulan karena kami satu dormitory jadi gue memutuskan untuk ikut Kak Gita (yang sudah punya pengalaman lebih banyak menjelajai Jepang dan negara-negara lain) untuk eksplor Kanazawa.

Sebelum gue memutuskan untuk ikut ke Takaoka, gue bimbang banget karena kalau gue ikut, gue harus membatalkan reservasi hotel gue di Kyoto dan tentunya akan mengubah hampir 50% itinerary gue. Karena Kak Gita bilang trem Doraemon ini hanya sampai pertengahan tahun dan nggak akan ada lagi, jadilah gue memutuskan ikut ke Takaoka dan mengubah itinerary gue. Oke, tentu saja reservasi hotel di Kyoto gue batalkan dan uang reservasinya tetap tertagihkan di kartu kredit. Btw, gue memesan hotelnya pakai booking.com yang sebenarnya untuk pembayarannya menggunakan cash saat tiba di hotel, tapi harus ada jaminan kartu kredit jikalau reservasinya dibatalkan mendadak.

Stasiun JR Takoaka

Bangunan Stasiun JR Shin-Takaoka yang tampaknya sudah tua

Long short story, sampailah kami di Takaoka dengan menggunakan shinkansen dari Kanazawa. Lalu dilanjutkan naik JR dan turun di Stasiun JR Shin-Takaoka. Dari Stasiun Takaoka, kami harus berjalan kaki menuju stasiun Trem yang kalau jaraknya dihitung dengan waktu, perjalanan kami sekitar 30 menit dari Stasiun JR Shin-Takaoka.

Ada sedikit drama kesasar saat menemukan stasiun tremnya, tapi itu malah membuat kami jadi menemukan patung-patung lucu karakter doraemon. Fyi, Takaoka ini disebut sebagai kampung halaman Doraemon karena sang mangaka berasal dari sini. Maka dari itu, akan banyak patung, semacam prasasti dan hal-hal berbau doraemon lainnya yang akan kalian temukan di sini.

taman doraemon

Halaman depan sebuah gedung dengan patung berbentuk karakter Doraemon

Udah jalan 30 menit untuk ke stasiun trem, kesasar dan kebingungan cari lokasi stasiunnya, ternyata kami harus menyusun rencana untuk bisa naik trem bertemakan doraemon ini. Pasalnya, trem doraemon ini cuma tersedia satu unit.

stasiun trem

Stasiun Trem

BAGAIMANA CARA NAIK TREM DI JEPANG?

Berbeda dengan bis yang harus bayar dulu di depan, mekanisme naik trem di sini adalah kita naik dari pintu belakang dan ambil tiket di mesin tiket. Nah, di tiket yang kita ambil ini akan keterangan nomor stasiun pemberangkatan kita yang nantinya akan menentukan berapa tarif yang harus kita bayar. Untuk informasi mengenai tarif trem, akan ditampilan di layar yang ada di atas pak supir. Setelah kita sudah sampai di stasiun tujuan, kita memasukan uang sesuai tarif yang berlaku dan tiket trem ke dalam sebuah kotak di samping pak supir.

Stasiun paling ujung

Stasiun pemberhentian terakhir

Untuk bisa nemuin trem Doraemon, akhirnya kami memutuskan naik sampai stasiun pemberhentian akhir. Ada kejadian yang menurut gue menarik banget sewaktu nunggu datangnya trem doraemon. Ada seorang supir bus  yang sedang memarkirkan busnya seorang diri. Dan semua langkah yang diambilnya sangatlah akurat dan rapih. Hanya butuh sedikit waktu dan beberapa tarikan gas untuk menempatkan busnya di tempat parkir dengan sangat rapi. Sungguh mengagumkan buat gue.

Hehehehe.

INSIDE THE TREM

Sekian intermezzonya, lanjut ke stasiun trem. Setelah nunggu nggak terlalu lama, akhirnya datanglah trem doraemon dengan warnanya yang biru. Dan ini penampakan interiornya…

trem doraemon

naik trem doraemon di takaoka

naik trem doraemon di takaoka

Semua serba doraemon, jendela trem dihiasi dengan stiker karakter doraemon dan teman-temannya, bahkan di belakang juga ada boneka doreamonnya. Karena kami naik dari stasiun akhir, penumpang yang naiknya juga masih sedikit. Maka dari itu kami bisa ambil foto dengan latar yang sepi ini. Namun setelah melewati beberapa stasiun, trem ini sudah mulai ramai dan mayoritas penumpangnya adalah mereka yang membawa anak-anak. Gemes banget ya?

________________________

BACA JUGA: AKHIRNYA KE KYOTO RAILWAY MUSEUM

Nah itulah pengalaman gue naik trem doraemon di Takoaka. Meski harus barter dengan membayar uang reservasi hotel yang dibatalkan dan itinerary yang harus dirombak, tapi pengalaman ini berkesan banget. Jarang-jarang naik kereta bertema gini kan. Hehehe.

Kalo kalian punya pengalaman serupa nggak? Pengalaman yang sebenarnya nggak masuk itinerary tapi ternyata sangat berkesan. Tulis di kolom komentar, ya!

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply

Scroll Up