Anti Lembek, Workout Ini Bisa Bikin Kamu Jadi Anak Kereta yang Kuat

Tips

Dalam hidup, ternyata persaingan tidak hanya terjadi di sekolah, kantor dan dunia asmara. Nyatanya, persaingan ketat pun juga terjadi di dalam gerbong KRL. Tak hanya memperebutkan satu-dua jengkal lapak lantai kereta, tetapi para anak kereta juga harus dituntut tahan banting saat berdesakan dalam kereta. Maka dari itu, jadi anak kereta yang kuat adalah sebuah keharusan.

Nah, sebelum lanjut ke latihan-latihan yang bisa membuat kamu jadi anak kereta yang kuat, sebelumnya kamu harus tahu otot-otot apa saja yang harus diperkuat supaya kamu nggak lembek bagai remah-remah rempeyek yang udah seminggu di dalam kantong kresek.

Otot-Otot yang Sebaiknya Diperkuat

Otot Tangan | workout Anak Kereta

Otot Lengan

Otot ini berhubungan dengan aktivitas saat mengenggam hanger dan menahan bobot tubuh kamu dan penumpang lain saat kamu berdiri di depan tempat duduk dan saat pintu KRL menutup.

core abs | workout anakkereta

Otot Perut

Ketika tidak dapat hanger untuk berpegangan, otot perut berperan menstabilkan postur tubuh supaya seimbang.

otot kaki | workout anak kereta kuat

Otot Kaki

Terkadang skill lari jarak pendek yang mumpuni dibutuhkan oleh anak kereta ketika harus mengejar KRL. Dan, untuk memiliki skill lari jarak pendek yang ciamik, dibutuhkan otot kaki yang kuat juga.

Setelah tahu otot apa saja yang berperan dalam aktivitas sehari-hari berKRL, nah berikut saya share latihan-latihan yang biasa saya lakukan untuk membuat saya tetap kuat menjalani hari-hari sebagai anak kereta. Tidak perlu alat-alat gym karena latihan ini saja sudah cukup, kok jika dilakukan secara rutin.

1. Push Up

Push up adalah latihan yang dapat memperkuat otot lengan dan perut. Pastikan push up yang dilakukan benar, karena kalau tidak, kamu akan cidera. Saya biasanya melakukan 50 half push up karena belum bisa melakukan yang versi full. Hehe. Tapi buat kamu yang masih pemula, bisa dimulai dengan wall push up terlebih dahulu. Sedangkan untuk repetisinya, lakukan repetisi senyaman yang kamu bisa. Untuk lebih jelasnya, yuk tonton video ini.

2. Sit Up

Karena jadi anak kereta membutuhkan otot perut yang cukup kuat untuk menjaga keseimbangan saat tidak dapat hanger, maka dari itu sit up adalah latihan yang tepat. Sama seperti push up, saya juga melakukan 50 repetisi untuk gerakan ini.

Baca juga: 4 Skill Langka yang Dimiliki Anak KRL

3. Squat

Selain bermanfaat untuk melatih otot kaki, latihan squat juga bisa membentuk bokong jadi lebih seksi, lho. Jadi, buat para wanita-wanita kereta, coba yuk rutin lakukan latihan ini.

4. Plank

Mau memperkuat otot inti sekaligus dapat bonus perut rata (kalau diimbangi dengan kalori defisit)? Nah, latihan ini jawabannya. Plank ini banyak variasinya, tapi jika kamu masih pemula coba lakukan basic plank terlebih dahulu seperti video di bawah ini.

Itu dia beberapa latihan sederhana yang bisa membuat kamu jadi lebih kuat menjalani hari-hari sebagai anak kereta. Tanpa disadari jadi anak kereta sudah berkontribusi 30% dalam menuju hidup yang lebih sehat. Bagaimana bisa? Jadi anak kereta membuat kita lebih aktif karena harus naik-turun tangga, lari-lari ngejar kereta, sampai jalan kaki menghampiri ojol yang kadang menjemput di titik yang lumayan jauh dari pintu masuk/keluar stasiun.

Maka dari itu, alangkah lebih baik jika sehat ditambah dengan kuat, kan?

Share ke yang lain kalau menurutmu konten ini bermanfaat!


Facebook


Twitter


Google-plus

You Might Also Like

15 Comments

  • Reply
    Fakhruddin
    January 16, 2019 at 11:48 pm

    Hahahaha… Mantab juga latihan untuk rebutan lapak berdiri di KRL, sy setiap hari Bekasi – Tanah Abang. Kayanya perlu latihan kaya gini.

    • Reply
      Anak Kereta
      March 10, 2019 at 1:50 pm

      Bener banget, Mas. Selain sehat, bonus jadi kuat. 😀

  • Reply
    Sabda Awal
    January 17, 2019 at 11:32 am

    ternyata jadi anak kereta itu penuh perjuangan ya, apalagi harus kuat berdiri berjam2.

    Selain itu kalau yang udah terintegrasi dan nyaman kayak misal di Singapura, jalan kaki dari 1 stasiun ke stasiun lainnya.

    Saya ga pernah jadi anak kereta. tinggal di kota kecil yang selalu pakai motor. Tapi, tetap workout setiap hari

    • Reply
      Anak Kereta
      March 10, 2019 at 1:51 pm

      Wah keren! Workout lah no matter what, ya Mas. Salut! 😀

  • Reply
    Daftar Akun Twitter Anak Kereta yang Wajib Kamu Follow | ANAK KERETA
    September 21, 2019 at 7:11 am

    […] Baca juga: Anti Lembek, Workout Ini Bisa Bikin Kamu Jadi Anak Kereta yang Kuat […]

  • Reply
    Gita Sarrah
    March 20, 2021 at 2:20 am

    Baru ngeh ini ada istilah anak kereta. Ternyata jadi anak kereta di Jakarta itu butuh usaha dan perjuangan ya kak. Semangatt!

  • Reply
    Raja Lubis
    March 20, 2021 at 4:47 am

    Waktu zaman kereta masih KRL yang semrawut di 2010-an, perjuangan banget memang jadi anak kereta itu. Saya sendiri biasa naik KRL Sukabumi – Bogor lanjut Bogor-Jakarta (turun di stasiun Kalibata) karena tempat kerja dulu pernah di Apartemen Kalibata.

    Terkadang dengan sumpeknya, berlomba-lomba dengan penumpang lain masuk gerbong, tak jarang juga setelah masuk gerbong malah nggak dapat pegangan apalagi kursi.

  • Reply
    Faradila Putri
    March 20, 2021 at 7:58 am

    Yesss, penting banget buat workout buat para anak kereta. Soalnya keluar masuk kereta juga butuh stamina dan agility yang lumayan. Belum lagi kalau desek-desekan di dalam wkwk. Otot lengan dan otot kaki diuji kemampuannya 😀

  • Reply
    Andrew Pradana
    March 20, 2021 at 12:11 pm

    harus mulai rajin juga nih, lemak di perut sudah menganggu hahaha. Btw sudah lama sekali tidak naik kereta. Pandemi buat segalanya tertunda

  • Reply
    yayat
    March 20, 2021 at 4:09 pm

    ini work out yang gampag dilakukan… kalo niat.. masalahnya saya lebih banyak gak niatnya huehehehhe… etapi naik kereta di masa pandemi lebih lowong gak sik.. kan naiknya dibatasi

  • Reply
    Fandhy Achmad Romadhon
    March 21, 2021 at 6:43 am

    Hahahaha benar sekali, perjuangan terjadi tidak hanya di dunia kerja, kehidupan, namun di dalam kereta juga harus berjuang untuk mendapatkan ruang barang sejengkal.

    Setidaknya, untuk di kereta, lebih didahulukan yg dapat tempat duduk itu orang yang sudah tua, ibu hamil, dan perempuan. Pernah punya pengalaman naik KRL, dan salah naik kereta, jadi dari Pasar Senen mau ke stasiun yg deket UI, tapi naiknya kereta yang ke Jakarta Utara dulu, mutar jauh. Dari yang semula kosong, agak ramai, di tanah abang langsung penuh sesak, sampai sepi lagi.

    Naik kereta rapi, sampai tujuan kucel.

    Untuk olahraga, sekiranya plank sudah mengkover semuanya. Seluruh tubuh.

  • Reply
    Ludyah Annisah
    March 21, 2021 at 5:45 pm

    W-O-W dong, ternyata butuh perjuangan lebih ya kak untuk mendapatkan kenyamanan saat berada di kereta, meski tengah berdiri sekalipun. Dan, nyaman disini maksudnya bikin tubuh jadi lebih rileks dan terbiasa dengan kondisi per-kereta-an yang lalu lalang, haha. Lumayan banget nih latihan otot lengan dan perutnya, bisa sekalian lah ngecilin biar lebih greget.

  • Reply
    Rinda Gusvita
    March 22, 2021 at 2:50 am

    Luar biasa yah perjuangan anak kereta, tapi aku suka naik kereta. Naik kereta selain butuh kesehatan juga bisa melatih otot hihi. Moda transportasi umum yang paling kusukai ini kereta. Tapi aku pernah punya pengalaman nih, akhir tahun 2019 aku naik kereta bandara lanjut KRL dengan tujuan ke UI. Eh kelabasan sampe Bogor karena ketiduran. Itu sampe dibangunin rangorang.

  • Reply
    Rahmah
    March 22, 2021 at 2:25 pm

    Jangankan anak kereta, dulu sebelum pandemi saya jadi semacam anak bus yang suka berdiri sambil berusaha bertahan dengan pegangan di sandaran kursi.
    Kadang harus tahan agar tidak nyungsep ketika rem bus mendadak diinjak supir.
    Kalau ingat itu, memang sudah seperti olahraga di atas

  • Reply
    Zikri Fadhilah
    March 24, 2021 at 3:50 am

    Hahaha ini pembahasan yang menarik sih. Apalagi kalau di jam sibuk memang membutuhkan fisik yang prima dan rasa-rasanya semua orang ototnya keluar kalau udah mulai dorong-dorongan di kerta. Mari semangat berolahraga :3

  • Leave a Reply

    Scroll Up