KRL Lyfe Tips

Anti Lembek, Workout Ini Bisa Bikin Kamu Jadi Anak Kereta yang Kuat

Dalam hidup, ternyata persaingan tidak hanya terjadi di sekolah, kantor dan dunia asmara. Nyatanya, persaingan ketat pun juga terjadi di dalam gerbong KRL. Tak hanya memperebutkan satu-dua jengkal lapak lantai kereta, tetapi para anak kereta juga harus dituntut tahan banting saat berdesakan dalam kereta. Maka dari itu, jadi anak kereta yang kuat adalah sebuah keharusan.

Nah, sebelum lanjut ke latihan-latihan yang bisa membuat kamu jadi anak kereta yang kuat, sebelumnya kamu harus tahu otot-otot apa saja yang harus diperkuat supaya kamu nggak lembek bagai remah-remah rempeyek yang udah seminggu di dalam kantong kresek.

Otot-Otot yang Sebaiknya Diperkuat

Otot Tangan | workout Anak Kereta

Otot Lengan

Otot ini berhubungan dengan aktivitas saat mengenggam hanger dan menahan bobot tubuh kamu dan penumpang lain saat kamu berdiri di depan tempat duduk dan saat pintu KRL menutup.

core abs | workout anakkereta

Otot Perut

Ketika tidak dapat hanger untuk berpegangan, otot perut berperan menstabilkan postur tubuh supaya seimbang.

otot kaki | workout anak kereta kuat

Otot Kaki

Terkadang skill lari jarak pendek yang mumpuni dibutuhkan oleh anak kereta ketika harus mengejar KRL. Dan, untuk memiliki skill lari jarak pendek yang ciamik, dibutuhkan otot kaki yang kuat juga.

Setelah tahu otot apa saja yang berperan dalam aktivitas sehari-hari berKRL, nah berikut saya share latihan-latihan yang biasa saya lakukan untuk membuat saya tetap kuat menjalani hari-hari sebagai anak kereta. Tidak perlu alat-alat gym karena latihan ini saja sudah cukup, kok jika dilakukan secara rutin.

1. Push Up

Push up adalah latihan yang dapat memperkuat otot lengan dan perut. Pastikan push up yang dilakukan benar, karena kalau tidak, kamu akan cidera. Saya biasanya melakukan 50 half push up karena belum bisa melakukan yang versi full. Hehe. Tapi buat kamu yang masih pemula, bisa dimulai dengan wall push up terlebih dahulu. Sedangkan untuk repetisinya, lakukan repetisi senyaman yang kamu bisa. Untuk lebih jelasnya, yuk tonton video ini.

2. Sit Up

Karena jadi anak kereta membutuhkan otot perut yang cukup kuat untuk menjaga keseimbangan saat tidak dapat hanger, maka dari itu sit up adalah latihan yang tepat. Sama seperti push up, saya juga melakukan 50 repetisi untuk gerakan ini.

3. Squat

Selain bermanfaat untuk melatih otot kaki, latihan squat juga bisa membentuk bokong jadi lebih seksi, lho. Jadi, buat para wanita-wanita kereta, coba yuk rutin lakukan latihan ini.

4. Plank

Mau memperkuat otot inti sekaligus dapat bonus perut rata (kalau diimbangi dengan kalori defisit)? Nah, latihan ini jawabannya. Plank ini banyak variasinya, tapi jika kamu masih pemula coba lakukan basic plank terlebih dahulu seperti video di bawah ini.

Itu dia beberapa latihan sederhana yang bisa membuat kamu jadi lebih kuat menjalani hari-hari sebagai anak kereta. Tanpa disadari jadi anak kereta sudah berkontribusi 30% dalam menuju hidup yang lebih sehat. Bagaimana bisa? Jadi anak kereta membuat kita lebih aktif karena harus naik-turun tangga, lari-lari ngejar kereta, sampai jalan kaki menghampiri ojol yang kadang menjemput di titik yang lumayan jauh dari pintu masuk/keluar stasiun.

Maka dari itu, alangkah lebih baik jika sehat ditambah dengan kuat, kan?

 

Share ke yang lain kalau menurutmu konten ini bermanfaat!

2 thoughts on “Anti Lembek, Workout Ini Bisa Bikin Kamu Jadi Anak Kereta yang Kuat”

  1. ternyata jadi anak kereta itu penuh perjuangan ya, apalagi harus kuat berdiri berjam2.

    Selain itu kalau yang udah terintegrasi dan nyaman kayak misal di Singapura, jalan kaki dari 1 stasiun ke stasiun lainnya.

    Saya ga pernah jadi anak kereta. tinggal di kota kecil yang selalu pakai motor. Tapi, tetap workout setiap hari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *